unit 37 theodite

                             Unit 3
                           Theodite

A. Vocabulary.

Optical perkakas optic

Topographic  peta potografi

Instrument alat. 

Measure mengukur. 

Angle sudut

Plane rata datar, mendatar. 

Manufacture : di produksi

Survey survey

Axes  : sumbu, kapak


B .Dialogue.
Budi: 
Excuse me, would you mind telling me what is theodolite?
Maap, apa anda tidak keberatan menceritakan
apa itu thelodoit?

jaelani: 
Well….a theodolite is an instrument for measuring angles in the horizontal and vertical plane.
Baik, thelodoit adalah alat intrumen untuk mengukur sudut di dataran horizontal dan vertikal


budi: 
would you mind telling me how to operate it?

Maukan anda menceritakan bagaimana mengoperasikan nya? 

jaelani
when the telescope is pointed at a target object, the angle of each Of  these axes can be measured with great precision, typically to second arc.

Ketika teleskop di arahkan ke objek sasaran, sudut masing masing sumbu ini dapat di ukur dengan sangat presisi, biasanya hingga busur kedua




C. Steps of measurement using a thedolite
Langkah-Langkah Pengukuran dengan Theodolite

1. Intrument set up
    Persiapan Alat

    Set up the theodolite on the tripod, ensuring
    the legs are firmly fixed into the ground.

    Pasang theodolite di atas tripod,( kaki )pastikan
    kaki tripod tertancap kuat di tanah.

2. Centering
   Pemasangan di Titik Ukur

    Position the theodolite exactly above the     
   station point using a plumb bob or optical
    plummet.

     Letakkan theodolite tepat di atas titik ukur
     station point) dengan menggunakan unting-
     unting (plumb bob atau optical plummet

3. Levelling
     Peralatan

     Adjust the leveling screws until the bubble in
    .the spirit level is centered.

     Atur skrup penyetel (foot screws) hingga
     gelembung pada waterpass (spirit level)
     berada di tengah.

4. Focusing 
    Pengaturan Fokus

    Adjust the telescope by focusing on the
    target object until it appears clear.

    Atur teropong (telescope) dengan memfokus-        kan pada objek target hingga terlihat jelas.

5. Measuring horizontal angel
     Penentuan Sudut Horizontal

    Sight the first target and record thehorizon-
     tal circle reading.

     Bidik target pertama, catat bacaan lingkaran
     horizontal (horizontal circle reading

6. Measuring vertical angel
     Penentuan Sudut Vertikal

    Sight the target and record the vertical circle
    reading.

     Bidik target dan catat bacaan lingkaran vertikal
     vertical circle reading).

7. Measuring other points
    Pengukuran ke Titik-Titik Lain

     Rotate the telescope towards other points
    and repeat the recording of horizontal and
    vertical angles.

    Putar teropong ke arah titik lainnya, lalu ulangi
     pencatatan sudut horizontal dan vertikal.


8. Recording data
     Pencatatan Data

    Record all measured angles and distances in
    the field book or data sheet.

    Catat semua hasil pengukuran sudut dan jarak
    dalam buku ukur atau lembar kerja.

9. Checking
     Pemeriksaan Ulang

     Recheck the measurements by sighting the
     targets again to ensure accuracy.

      Periksa kembali hasil pengukuran dengan
      membidik ulang target untuk memastikan
      ketelitian.




C. Bonus Dialogue. 

Surveyor:
Today we will learn how to perform measurement using a theodolite.
Hari ini kita akan belajar cara melakukan pengukuran menggunakan theodolite.

Assistant: 
Okay, Sir. What is the first step we should do? 
Baik, Pak. Apa langkah pertama yang harus dilakukan?

Surveyor :
First, set up the theodolite on the tripod and make sure the tripod stands firmly on the ground. 
Pertama, pasang theodolite di atas tripod dan pastikan tripod berdiri kokoh di tanah.

Assistant : 
What comes after that, Sir?
Setelah itu bagaimana, Pak?

Surveyor:

Second, do the centering, which means positioning the theodolite exactly above the survey point using a plumb bob or optical plummet.
Kedua, lakukan centering, yaitu meletakkan theodolite tepat di atas titik ukur menggunakan unting-unting atau optical plummet.

Assistant :

Okay, then what’s the third step?
Oke, lalu langkah ketiga?

Surveyor
Third, perform leveling by adjusting the foot screws until the bubble in the spirit level is centered.
Ketiga, lakukan leveling dengan memutar skrup penyetel sampai gelembung waterpass berada di tengah. 

Assistant : 
After leveling, what do we do next?
Kalau sudah rata, apa yang kita lakukan selanjutnya?

Surveyor : 
Fourth, adjust the focus of the telescope on the target until it appears clear.
Keempat, atur fokus teropong pada target sampai terlihat jelas.

Assistant : 
How about the angle measurement?
Bagaimana dengan pengukuran sudutnya?

Surveyor : 
Fifth, sight the first target and record the horizontal circle reading.
Kelima, bidik target pertama dan catat bacaan lingkaran horizontal.

Sixth, also record the vertical circle reading to obtain the vertical angle.
Keenam, catat juga bacaan lingkaran vertikal untuk mendapatkan sudut vertikal.

Assistant: 
Do we repeat the same steps for other points?Apakah kita mengulangi hal yang sama untuk titik lain?

Surveyor :
Correct. Seventh, rotate the telescope to other points and repeat the angle readings.
Betul. Ketujuh, putar teropong ke titik-titik lain dan ulangi pencatatan sudut.

Assistent : 
After all points are measured, what is the final step?
Setelah semua titik diukur, apa langkah terakhir?

Surveyor : 
Eighth, record all the results in the field book. Ninth, recheck the measurements to ensure accuracy
Kedelapan, catat semua hasil dalam buku ukur. Kesembilan, periksa ulang pengukuran untuk memastikan ketelitian.

Assistant : 
Alright, Sir. Now I understand the steps of using theodolite..
Baik, Pak. Sekarang saya paham langkah-langkah penggunaan theodolite.




                              Part 2
                     How to measure land


A. Vocabulary land measurement 
   Kosakata – Pengukuran Tanah)


1.Preparation (Persiapan)

  • Tripod = Tripod / kaki tiga

  • Total station = Total station (alat ukur modern)

  • Leveling staff = Rambu ukur

  • Measuring tape = Meteran

  • Prism = Prisma

2. Actions (Tindakan)

  • Set up the instrument = Pasang alat

  • Level the instrument = Meratakan alat

  • Aim the instrument = Mengarahkan alat

  • Place the prism = Meletakkan prisma

  • Record the distance = Mencatat jarak

  • Record the angle = Mencatat sudut

  • Take measurements = Melakukan pengukuran

3.. Data Processing (Pengolahan Data)

  • Input the data = Memasukkan data

  • Calculate the area = Menghitung luas

  • Draw the map = Membuat peta

  • Make the report = Membuat laporan

4.Results (Hasil)

  • Boundary = Batas tanah

  • Corner point = Titik sudut

  • Land area = Luas tanah

  • Land certificate = Sertifikat tanah

  • Survey report = Laporan survei

B..Contoh kalimat sederhana:
  1. We set up the total station on the tripod.
    (Kami memasang total station di tripod.)

  2. The surveyor records the distance and angle.
    (Surveyor mencatat jarak dan sudut.)

  3. The data is input into the computer to calculate the area.
    (Data dimasukkan ke komputer untuk menghitung luas.)

  4. Finally, the surveyor makes a map and a report.
    (Akhirnya, surveyor membuat peta dan laporan.)


C. Dialogue.


                 How to measure land


Client: 
Good morning, sir. I need to measure my land.
Selamat pagi, Pak. Saya perlu mengukur tanah saya.

Surveyor: 
Good morning. Do you want to know the area and boundary?
Selamat pagi. Apakah Anda ingin mengetahui luas dan batasnya?

Client: 
Yes, I want to know the exact size of my land.
Ya, saya ingin tahu ukuran pasti tanah saya.


Step 2 – Preparing the Tools

Surveyor
First, we set up the total station on a tripod.
Pertama, kita pasang total station di tripod.

Client
What is it used for?
Untuk apa alat itu digunakan?

Surveyor: It is used to measure angles and distances.
Alat ini digunakan untuk mengukur sudut dan jarak.

Step 3 – Taking Measurements

Surveyor: 
Now, we place the prism at the corner point of the land.
Sekarang, kita pasang prisma di titik sudut tanah.

Client: 
And then?
Lalu bagaimana?

SurveyorThen we record the distance and angle. We repeat this at each corner.
Kemudian kita catat jarak dan sudutnya. Kita ulangi di setiap sudut.

Step 4 – Calculating the Area

ClientHow do you calculate the area?Bagaimana cara menghitung luasnya?

Surveyor
We input the data into the computer, then the software calculates the area automatically.
Kami memasukkan data ke komputer, lalu perangkat lunak menghitung luas secara otomatis.

Client
That’s very practical.
Sangat praktis sekali.


Step 5 – Finishing & Report

Surveyor
After the measurement, we make a map and a report for you.
Setelah pengukuran, kami membuat peta dan laporan untuk Anda.

Client
Thank you. When can I get the result?
Terima kasih. Kapan saya bisa mendapatkan hasilnya?

Surveyor
You can get it in three days.
Anda bisa mendapatkannya dalam tiga hari.

Client
Perfect. I really appreciate your work.
Bagus sekali. Saya sangat menghargai pekerjaan Anda.



                              Part 3

Budi : 
What is a theodolite used for? 
Di gunakan untuk apa theodolite? 

Yana :
it is used to measure horizontal and vertical
angles 
 Di gunakan untuk  mengkurur mendatar dan 
 sudut vertikal

Budi  : 
What is the basic principle of theodolite? 
Apa prinsip dasar dari theodolite? 

Yana : 
Theodolite is based on the fundamental
concepts of angel measurement and
 trigonometry. 
Theodolite didasarkan pada fundamental
konsep pengukuran sudut dan trigonometri

Budi  : 
Can Theolodite measure distance ?
Bisakah theodolite mengukur jarak? 

 Yana  : 
Theolodite measure horizontal and vertical
angles only.

Budi  :
What is the best way to measure distance?
Apa cara terbaik mengukur jarak? 

Yana  :
Digital tape measures are accurate for both short distances and long distances up to  300  feet. They are also portable and easy use.

Budi : 
What are 3 main parts of theodolite ?
Apa 3 bagian pokok dari theodolite? 

Yana : 
Following are part of theodolite :Telescope, vertical circle, index frame.

Budi  : 
what is thedolite and its parts? 

 Yana  : 
it consists of sighting telescope, horizontal, and vertical circles for angel measurement, leveling screws for adjusment and a stable tripod. 

Budi : 
How do read a theolodite? 

Yana  :
You must use the inner and outer scales to 
indentify the correct degree marking and angles You are viewing.

Budi  : 
What are The tools use to measure land? 

 Yana  : 
Theolodite.Measuring tape,Total station,
 compas, Gps, Klinometer, Water pass. 

Budi : 
What is tape Measure.? 

 Yana  : 
A measuring tape is a flexible tool used for
measuring length.




                           Unit 3.

Data processing steps of open travese method measurement

Langkah Pengolahan Data Hasil Pengukuran Metode Poligon Terbuka (Bilingual)


1.Field Data Collection
    Pengumpulan Data Lapangan

• Collect the measured data of angles and
  distances from each polygon station

  Kumpulkan data hasil pengukuran sudut dan
  jarak dari setiap titik poligon.


2. Initial Data Checking
     Pemeriksaan Data Awal

• Check the consistency of the data (whether
  there are recording mistakes or unusual
  measurements).

• Periksa konsistensi data (apakah ada
  kesalahan pencatatan atau pengukuran yang
  janggal).


3.Relative Coordinate Calculation
   Perhitungan Koordinat Relatif

• Calculate the coordinate changes (ΔX, ΔY) for
   each polygon side using distance and
    azimuth/angle.

    Hitung perubahan koordinat (ΔX, ΔY) dari
    setiap sisi poligon menggunakan jarak dan
    azimut/sudut.


4.  Point Coordinate Calculation
      Perhitungan Koordinat Titik

• Determine the coordinates of each polygon
  point sequentially by adding the coordinate
   changes.

•Tentukan koordinat tiap titik poligon secara
   berurutan dengan menjumlahkan perubahan
    koordinat. 


5. Error Checking
    Pemeriksaan Kesalahan (Error Check)

• Since the open polygon does not return to the
  starting point, check the accuracy by
  comparing the final position with the control
   point or base map.

   Karena poligon terbuka tidak kembali ke titik
   awal, lakukan pengecekan ketelitian dengan
   membandingkan posisi akhir terhadap titik
   kontrol atau peta dasar


6. Correction (If Necessary)
     Koreksi (Jika Diperlukan)

•  Apply error distribution (adjustment) if there 
    is a significant deviation from the control
    point.

• Lakukan distribusi kesalahan (adjustment) 
   bila terdapat deviasi signifikan terhadap titik
   kontrol.


7.  Map or Drawing Preparation
     Pembuatan Peta atau Gambar. 

• Plot the calculated coordinates into a map or
..CAD/GIS software for visualization.

• Plot hasil koordinat ke dalam peta atau
   software CAD/GIS untuk visualisasi


 

.B. Dialogue

Surveyor : 
Now we continue to the data processing stage of the open traverse measurement.

Sekarang kita lanjut ke tahap pengolahan data hasil pengukuran poligon terbuka.

Asistant : 
Okay, Sir. What is the first step?
Baik, Pak. Apa langkah pertama?

S: First, we collect all the field data, which are the angles and distances between points.

Pertama, kita kumpulkan semua data lapangan, yaitu sudut dan jarak antar titik.

A: 
A: After the data is collected, what should we do?

Setelah data terkumpul, apa yang harus kita lakukan?

S: 
S: Second, check the initial data to ensure there are no recording errors.

Kedua, lakukan pemeriksaan data awal untuk memastikan tidak ada kesalahan pencatatan.


A: If the data is correct, what’s the next step?

Kalau data sudah benar, langkah berikutnya apa?

S: 
S: Third, we calculate the relative coordinates (ΔX and ΔY) using the distances and angles.

Ketiga, kita hitung koordinat relatif (ΔX dan ΔY) menggunakan jarak dan sudut.

A: 
A: Then we can determine the coordinates of the points, right?

Lalu kita bisa menentukan koordinat titik-titiknya, ya?


S: Correct. That is the fourth step, calculating the coordinates of each point sequentially.

Betul. Itu adalah langkah keempat, menghitung koordinat setiap titik secara berurutan.


A: How about measurement errors?

Bagaimana dengan kesalahan pengukuran?

S: 
S: Fifth, perform error checking by comparing the results with the control point.

Langkah kelima, lakukan pemeriksaan kesalahan dengan membandingkan hasil dengan titik kontrol.

A: 
A: If there is a difference, what should we do?

Kalau ada selisih, apa yang harus dilakukan?

S: 
S: Then we make corrections or distribute the error, that’s the sixth step.

Maka kita lakukan koreksi atau distribusi kesalahan, itu langkah keenam.

A: ?
A: After that, how do we present the results?

Setelah itu, bagaimana menyajikan hasilnya

S: 
S: Seventh step, we prepare the map or drawing, either by manual plotting or using CAD/GIS software.

Langkah ketujuh, kita buat peta atau gambar, bisa dengan manual plotting atau software CAD/GIS.

A: 
A: Okay, Sir. So there are seven steps: collect data, check it, calculate relative coordinates, calculate point coordinates, check errors, correct them, and then make the map.

Baik, Pak. Jadi ada tujuh langkah: kumpulkan data, periksa, hitung koordinat relatif, hitung koordinat titik, periksa kesalahan, koreksi, lalu buat peta.

S: Tepat sekali. Kalau semua langkah dilakukan dengan teliti, hasil poligon terbuka akan akurat.
S: Exactly. If all steps are done carefully, the open traverse result will be accurate.




Siap! Aku sudah buat contoh data + perhitungan poligon terbuka lengkap (bilingual) dengan:

  • Tabel hasil pengukuran mentah (raw)
  • Tabel koreksi Bowditch (adjusted) agar titik akhir tepat ke kontrol
  • Ringkasan misclosure, total panjang, dan ketelitian relatif

Silakan cek tabel yang muncul di layar (bisa digulir seperti spreadsheet).
Kalau mau diunduh:

Ringkasannya (ID/EN):

  • Asumsi azimut: dari Utara searah jarum jam (0°=N, 90°=E). / Azimuth ref: from North clockwise (0°=N, 90°=E).
  • Rumus: ΔX = d·sin(az), ΔY = d·cos(az).
  • Misclosure linear ≈ 0.261 m, ketelitian relatif ≈ 1:2,480 (sebelum koreksi).
  • Koreksi Bowditch didistribusikan proporsional terhadap panjang sisi.




1) Sketsa garis poligon (sederhana)

(ID → Indonesia / EN → English)

   Utara / North
      ↑
      |
      |  A (X0,Y0)
      |
      |  Az=35°  L=210.35m
      |------------------> B
                          \
                           \  Az=110°  L=185.60m
                            \
                             \----------> C
                                          \
                                           \ Az=20°  L=250.80m
                                            \
                                             \--> D (Kontrol akhir / End control)

Keterangan:

  • Titik A adalah titik awal (Start / Control A).
  • Titik D adalah titik kontrol akhir yang diketahui (End control D).
  • Setiap panah diberi azimut (Az) dan panjang sisi (L).

2) Format Buku Ukur — Tabel Bilingual (Indonesia / English)

Gunakan tabel ini sebagai baris lapangan per-sisi. Kolom bisa dibuat di Excel atau lembar kertas.

No Dari / From Ke / To Jarak (m) / Distance (m) Azimut (°) / Azimuth (°) ΔX (m) ΔY (m) X_to (m) Y_to (m) Keterangan / Remarks
1 A B 210.350 35.000
2 B C 185.600 110.000
3 C D 250.800 20.000

Kolom penjelasan / Column explanations

  • No : Nomor sisi / Side number.
  • Dari/From, Ke/To : Titik awal dan akhir sisi.
  • Jarak/Distance : Panjang sisi (m).
  • Azimut/Azimuth : Azimut diukur dari utara searah jarum jam (0° = Utara).
  • ΔX = L · sin(az) (Easting) / ΔY = L · cos(az) (Northing).
  • X_to, Y_to : Koordinat titik tujuan (hasil penjumlahan).
  • Keterangan/Remarks : Mis. cuaca, kendala, pembulatan.

3) Template CSV header (bisa copy ke Excel → Save as CSV)

No,From,To,Distance_m,Azimuth_deg,dX_m,dY_m,X_to_m,Y_to_m,Remarks
1,A,B,210.35,35.0,,,,,
2,B,C,185.60,110.0,,,,,
3,C,D,250.80,20.0,,,,,

4) Langkah singkat cara isi buku ukur (ID/EN)

  1. Isi No, From, To, Distance, Azimuth.
    Fill No, From, To, Distance, Azimuth.
  2. Hitung ΔX = L·sin(az) dan ΔY = L·cos(az). Gunakan kalkulator dengan azimut derajat.
    Compute ΔX = L·sin(az) and ΔY = L·cos(az). Use a calculator in degrees.
  3. Tambahkan ΔX/ΔY ke koordinat titik sebelumnya untuk dapat X_to, Y_to.
    Add ΔX/ΔY to previous point coordinates to get X_to, Y_to.
  4. Setelah semua sisi, hitung misclosure terhadap titik kontrol akhir (jika ada) → lakukan koreksi bila perlu (mis. Bowditch).
    After all legs, compute misclosure to the end control (if available) → apply adjustment if necessary (e.g. Bowditch).




🎭 Dialogue Bilingual

S = Surveyor
A = Asisten


S: Sekarang kita masuk ke tahap pengolahan data hasil pengukuran poligon terbuka.
S: Now we move on to the data processing stage of the open traverse measurement.

A: Apa langkah pertama, Pak?
A: What is the first step, Sir?

S: Pertama, kita lakukan pengumpulan data lapangan, yaitu mengumpulkan semua catatan jarak dan sudut dari hasil pengukuran.
S: First, we do field data collection, which means gathering all recorded distances and angles from the measurement.

A: Setelah itu apa yang harus kita lakukan?
A: What should we do after that?

S: Kedua, lakukan pemeriksaan data awal. Kita cek apakah ada kesalahan pencatatan atau nilai yang janggal.
S: Second, carry out initial data checking. We check if there are any recording errors or unusual values.

A: Kalau datanya sudah benar, langkah selanjutnya apa?
A: If the data is correct, what’s the next step?

S: Ketiga, lakukan perhitungan koordinat relatif. Kita hitung ΔX dan ΔY untuk setiap sisi berdasarkan jarak dan azimut.
S: Third, do the relative coordinate calculation. We calculate ΔX and ΔY for each leg based on distance and azimuth.

A: Lalu koordinat titik-titiknya bisa ditentukan?
A: Then can the point coordinates be determined?

S: Betul. Itu adalah langkah keempat, perhitungan koordinat titik dengan menjumlahkan ΔX dan ΔY secara berurutan.
S: Correct. That is the fourth step, the point coordinate calculation by adding ΔX and ΔY sequentially.

A: Bagaimana jika hasilnya tidak sesuai dengan titik kontrol akhir?
A: What if the result doesn’t match the final control point?

S: Maka kita lakukan langkah kelima, yaitu pemeriksaan kesalahan (error checking) dengan membandingkan koordinat hasil dengan titik kontrol.
S: Then we do the fifth step, which is error checking by comparing the computed coordinates with the control point.

A: Kalau ada selisih atau deviasi, apa yang harus dilakukan?
A: If there is a difference or deviation, what should we do?

S: Itu masuk langkah keenam, koreksi (jika diperlukan). Kita distribusikan kesalahan menggunakan metode seperti Bowditch.
S: That is the sixth step, correction (if necessary). We distribute the error using methods such as Bowditch.

A: Setelah koreksi, apa tahap terakhir?
A: After correction, what is the final stage?

S: Langkah ketujuh adalah pembuatan peta atau gambar. Koordinat yang sudah benar diplot ke kertas gambar atau software CAD/GIS.
S: The seventh step is map or drawing preparation. The corrected coordinates are plotted onto drawing paper or CAD/GIS software.

A: Jadi ada tujuh langkah ya: kumpulkan data, periksa, hitung koordinat relatif, hitung koordinat titik, cek kesalahan, lakukan koreksi, lalu buat peta.
A: So there are seven steps: collect data, check it, calculate relative coordinates, calculate point coordinates, check errors, make corrections, and then prepare the map.

S: Tepat sekali. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, hasil pengukuran poligon terbuka akan lebih akurat.
S: Exactly. By following these steps, the result of the open traverse measurement will be more accurate.


Mau saya buatkan juga versi dialogue singkat dalam bentuk simulasi percakapan surveyor & asisten dengan data contoh sederhana supaya lebih terasa praktik lapangannya?nyata.


🎭 Dialogue Simulasi Bilingual

S = Surveyor
A = Asisten


S: Baik, kita sudah selesai mengukur poligon terbuka dari titik A ke titik D. Sekarang mari kita olah datanya.
S: Alright, we have finished measuring the open traverse from point A to point D. Now let’s process the data.

A: Baik, Pak. Data jarak dan azimut sudah saya catat. Misalnya:

  • A–B = 210.35 m, Az = 35°
  • B–C = 185.60 m, Az = 110°
  • C–D = 250.80 m, Az = 20°
    A: Okay, Sir. I have recorded the distances and azimuths, for example:
  • A–B = 210.35 m, Az = 35°
  • B–C = 185.60 m, Az = 110°
  • C–D = 250.80 m, Az = 20°

S: Bagus. Langkah pertama adalah menghitung ΔX dan ΔY untuk tiap sisi. Rumusnya:
ΔX = L × sin(azimut), ΔY = L × cos(azimut).
S: Good. The first step is calculating ΔX and ΔY for each leg. The formula is:
ΔX = L × sin(azimuth), ΔY = L × cos(azimuth).

A: Untuk sisi A–B, berarti:
ΔX = 210.35 × sin(35°) = 120.6 m
ΔY = 210.35 × cos(35°) = 172.4 m
A: For leg A–B, that means:
ΔX = 210.35 × sin(35°) = 120.6 m
ΔY = 210.35 × cos(35°) = 172.4 m

S: Betul. Sekarang jumlahkan ke koordinat titik awal A. Misalnya koordinat A = (5000, 3000). Maka koordinat B adalah:
Xb = 5000 + 120.6 = 5120.6
Yb = 3000 + 172.4 = 3172.4
S: Correct. Now add it to the starting coordinate A. Suppose A = (5000, 3000). Then B’s coordinate is:
Xb = 5000 + 120.6 = 5120.6
Yb = 3000 + 172.4 = 3172.4

A: Baik, Pak. Lalu untuk B–C hasilnya:
ΔX = 185.6 × sin(110°) = 174.1 m
ΔY = 185.6 × cos(110°) = -63.5 m
Jadi koordinat C = (5294.7, 3108.9).
A: Okay, Sir. Then for B–C the results are:
ΔX = 185.6 × sin(110°) = 174.1 m
ΔY = 185.6 × cos(110°) = -63.5 m
So the coordinate of C = (5294.7, 3108.9).

S: Bagus. Terakhir C–D:
ΔX = 250.8 × sin(20°) = 85.8 m
ΔY = 250.8 × cos(20°) = 235.7 m
Koordinat D = (5380.5, 3344.6).
S: Good. Lastly C–D:
ΔX = 250.8 × sin(20°) = 85.8 m
ΔY = 250.8 × cos(20°) = 235.7 m
Coordinate D = (5380.5, 3344.6).

A: Wah, hampir sama dengan koordinat kontrol akhir yang seharusnya (5381.0, 3344.3). Selisihnya kecil sekali.
A: Wow, that’s almost the same as the final control coordinate (5381.0, 3344.3). The difference is very small.

S: Betul. Itu disebut misclosure, dan kita periksa besarnya. Kalau terlalu besar, kita lakukan koreksi Bowditch.
S: Correct. That’s called misclosure, and we check its magnitude. If it’s too large, we apply Bowditch correction.

A: Jadi langkah-langkah pengolahan data poligon terbuka sudah saya pahami: hitung ΔX, ΔY → koordinat titik → cek misclosure → koreksi → buat peta.
A: So I understand the steps of processing open traverse data: calculate ΔX, ΔY → point coordinates → check misclosure → correct → make a map.

S: Bagus sekali. Itulah cara pengolahan data poligon terbuka.
S: Very good. That’s the way to process open traverse data.





📊 Tabel Hasil Perhitungan Poligon Terbuka (Bilingual)

No Dari / From Ke / To Jarak (m) / Distance (m) Azimut (°) / Azimuth (°) ΔX (m) ΔY (m) X_to (m) Y_to (m) Keterangan / Remarks
1 A B 210.35 35.0 +120.6 +172.4 5120.6 3172.4 Hitung dari A (5000, 3000) / Computed from A (5000, 3000)
2 B C 185.60 110.0 +174.1 −63.5 5294.7 3108.9 Tambah ke koordinat B / Added to B coordinates
3 C D 250.80 20.0 +85.8 +235.7 5380.5 3344.6 Tambah ke koordinat C / Added to C coordinates

📌 Ringkasan / Summary

  • Koordinat awal (A / Start point) = (5000.0, 3000.0)
  • Koordinat akhir terhitung (D / Computed D) = (5380.5, 3344.6)
  • Koordinat kontrol akhir (D kontrol / Control D) = (5381.0, 3344.3)
  • Selisih / Misclosure = ΔX ≈ −0.5 m, ΔY ≈ +0.3 m
  • Ketelitian relatif / Relative precision ≈ 1 : 2480


budi : 
Oh I see,when was a theodolite manufactured? 
Oh gitukapan sebuah thedolit di produksi? 

jaelani
an optical theodolite manufactured in the soviet in 1958 and used to topographic surveying.

Sebuah perkakas optik di produksi di Uni soviet tahun 1958 dan di gunakan untuk survey peta fotografy. 


How to use the theodolite. 
How do you use a theodolite to measure angles
There are 6 steps to measure angles with a theodolite with a theodolite. 

1. choose a base 
     ( pilih basis) 

2. position the theodolite
     (posisiskan theodolite) 

 3. set the instrument to zero
      (atur intrumen ke nol) 

4. point to the object you want to measure
     ( arahkan ke objek yang ingin anda ukur) 

5. read the horizontal angle 
     (baca sudut horizontzl) 

6. read the vertical angle 
    (baca suduk vertical) 

Anyone can use a theodolite if they know how it works


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "unit 37 theodite"

Post a Comment